Author Archives: Utomo

About Utomo

The winners is an atittude

LeMinTeaHon Ice

Standar

Selamat Pagi teman-teman semua,

Gimana kabar ? Semoga selalu sehat dan ceria ya, apalagi bulan ini bulan Suci. Harus lebih baik dan lebih banyak baik daripada tahun kemarin.

Amiin..

Nah, kali ini saya akan share apasih minuman yang enak buat menemani makan berat saat buka puasa ?

Dan diatas saya kasih judul LeMinTeaHon Ice, ada yang tau sejenis minuman apa itu ? Apakah minuman yang sering diminum sama Lee Min Ho ? Simak aja….. :p

Read the rest of this entry

Iklan

:: PIZZA SPECIAL VERSI SEDERHANA ::

Standar

Minggu pagi tanggal 3 Juni 2012 itu, saat matahari mulai senyum dengan hangatnya. Saat itu juga semua aktivitas seorang anak yang sedang fallin in love sudah terencana di malam minggunya. Yap, memasak sesuatu yang special, seperti perasaannya yang special juga pada seseorang. 😀

Mulai jalan-jalan pagi di sekitar kampus terkenal di Bandung, hingga mampir di pasar kaget, dan membeli segala keperluan yang dibutuhkan untuk memasak sesuatu yang special. 🙂

Kali ini saya mencoba untuk membuat pizza makanan yang khas Italy nya. hehe

Saya mendapatkan ide ini, karena masakan itu berbentuk bulat, dengan hiasan jagung yang menyerupai matahari di pagi itu. Yap, langsung aja kali ya. hehe

PIZZA SEDERHANA

Read the rest of this entry

:: Oseng-oseng Pare Jawa (bumbu kampung) ::

Standar

Selamat pagi teman-teman, hehe. Sudah lama ni gak coret-coret ini blog, (maklum, sibuk kuliah) *nggaya. Hehe . Kenapa pengen coret2 lg setelah sekian lama gak buka ni blog, tentu ada alasannya, dan alasannya yaitu, ada suatu permintaan, dari cewek temen saya kuliah. Kebetulan dia tertarik, dan dia minta untuk diisi lagi ni blog. Hehe . Nah untuk kali ini, selain ngisi karena permintaan, saya juga bakal ngisi apa yang sedang saya pikirkan saja, karena saya lapar, dan kangen masakan ibu, yaitu salah satunya “oseng-oseng pare” hehe, masakan ibu saya manteb loh teman-teman. Hehe. Oh iya, kenapa coretan ini saya kasih judul dengan embel-embel jawa ? Ya karena saya orang jawa dong ! Hehe :p

oseng-oseng pare jawa

Nah, untuk mempersingkat waktu, langsung saja deh saya share ni bahan dan cara memasaknya. Hehe. Read the rest of this entry

Miss You MOM :* Always Love You

Standar
mom and me

mom and me

thanks mom

thanks mom

 

Pagi semua…

Nasib anak yang jauh dari orang tua, pasti kangen sama yang namanya orang tua, termasuk ibu…
Ya ibu, ibu adalah malaikat kecil yang dikirim oleh Tuhan ke bumi ini untuk kita, untuk jagain kita, untuk membimbing kita dll…

Untuk lebih kena lagi gimana ibu itu, pengorbanannya,,, SO CEKIDOT ——->>>>

Read the rest of this entry

Sate Buntel & Sate Kambing Kecap

Standar

Repost dari post gue sebelumnya, dikarenakan sekarang gue sedang ada tugas dinas kenegaraan (halah lebay), jadi jauh dari kota kelahiran. Banyak hal yang membuat gue rindu akan kampung halaman. Salah satunya adalah kuliner, O iya, gue belum kasih tau tanah kampung kelahiran gue. Tanah kelahiran gue ada di Sukoharjo, Jawa Tengah. Lanjut lagi ke kuliner, salah satu kuliner yang gue kangen berat, seberat aku kangen dia (halah), yaitu sate buntel. Akan dijelaskan apa sate buntel itu di post ini. Singkatnya ini sate daging kambing yang dicincang dan dibungkus dengan menggunakan lemak kambing. O iya, untuk Recommend lokasi wisata kuliner, kalian bisa langsung saja ke pejual sate yang ada di Baturono, dekat rumah sakit PKU Solo. Pokoknya endeeuuuusss bingiittss lah… Sung aja lah yaaa.. di repost dari postingan gue sebelumnya, ada beberapa bahasa alay jaman dulu sih..

Selamat malam semua, Selamat Hari Raya Idul Adha 😀

Aduh, dah lama ni, gak bikin coretan-coretan, hehehe

Langsung aja yah.. hehehe:D
Gimana nih dengan hari ini tadi?? Sudah bikin apa aja nih dari daging-daging yang sudah didapat??? hehehe
Dah dibikin sate??, tongseng??, atau gule???
semuanya enak kok, asal jangan konsumsi banyak-banyak (buat yang kolesterol tinggi, atau darah tinggi) hehehe

Nah disini saya akan berbagi pengalaman, sekaligus berbagi resep saat bikin sate, mau sate biasa, ataupun sate buntel (khas solo) hehehe

Sate Buntel

sate kambing kecap

sate kambing kecap

Nih monggo di langsung saja dicek di TeKaPe—->>> Read the rest of this entry

:: Godaan Saat Puasa ::

Standar

Pagi—>>>Assalamualaikum Wr.Wb.
😀
Godaan saat puasa sangat banyak sekali…
seperti contohnya haus, tentunya tidak bisa dipungkiri lagi kalau emang haus tidak bisa ditahan, apalagi setelah aktivitas yang sangat menguras energi dan kandungan mineral di dalam tubuh kita…
nah yang kedua tentunya adalah emosi, sangat susah mengendalikan salah satu godaan saat puasa ini… Pasti ada saja yang menjadi masalah dan menimbulkan emosi…
nah selanjutnya, tentunya hawa nafsu…ckckckck—–>>>>hayooo mikirin apa thu….—->>>:-P
selanjutnya lagi lapar..ini mah tidak terlalu menganggu aktivitas puasa…
Nah untuk menhindari semua godaan tersebut, ada obat yang paling ampuh….
YAITU——->>>>> TIDUR 😀
Nah sekian lah dari saya… 😛 ckckckck

SEMOGA BERMANFAAT
😀

:: Cegukan ::

Standar

Hadeuh….Admin udah 2 hari ini cegukan nih….—>>>>ada yang tau obatnya apa???
awal-awalnya, saya mau balik dari solo ke semarang (curhat dikit) nah pas sahur thu saya minum banyak softdrink…___>>>>>alhasil saya udah cegukan dari rumah, dan sampai di semarang pun masih berlanjut sampai sekarang..>;< 😥 terus waktu saya searching di google yang saya dapat ini…..——>>>>cek TeKaPe….____>>>>>>
ini pun yang saya anggap masuk akal…(hehehe, sotoi dkit)….Tlong bantu yah….biar gak kesiksa pas bulan puasa ini… 😥 Read the rest of this entry

.: Tumis Kangkung Mbleberi :.

Standar

Pagi semuaaa…. Aduh, dah lama ni, admin gak mosting2…
hehehe, (lagi males ketik (galau lebih tepatnya)wkwkwk)…
😀 Gimana kabarnya semua??
Sehat kan??? Puasanya??? Hayooo udah bolong berapa????ckckckck:-D
nah biar kita nafsu dan semangat lagi, gmn klo admin kasih nih tumis kangkung….
sapa yang mau hayooo????:-D
ni masakan admin kasih nama Tumis Kangkung Mbleberi…wkwkwkwk
sip, langsung aja cek di TeKaPe yakkk….——>>>

Kangkung Mbleberi

Kangkung Mbleberi

Bahan:
• 7 ikat kangkung (sesuai selera sih….:-D)
• 3 bawang bombai iris kasar
• 10 bawang putih iris kasar
• 15 cabe rawit iris kasar
• terasi secukupnya
• 5 sendok kecap manis
• Garam secukupnya

Cara memasak:
• Tuang minyak goreng masukkan bawang bombai, bawang putih, cabe, goreng sampai harum, masukkan secuil terasi aduk
• Masukkan kangkung yang sudah di siangi, tumis terus sampai memes lemes
• Masukkan garam dan kecap manis.
• Tutup rapat kuah habis angkat ..

Kangkung Mbleberi 2

Kangkung Mbleberi 2

Siap disantap hangat-hangat dengan secangkir es teh…
😀

    SELAMAT MENCOBA 😀

:: Kandungan Gizi Buah Pisang ::

Standar



Berdasarkan cara konsumsi buahnya, pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olah (plantain, cooking banana). Pisang meja dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang, seperti pisang ambon, pisang susu, pisang raja, pisang seribu, dan pisang sunripe. Pisang olahan dikonsumsi setelah digoreng, direbus, dibakar, atau dikolak, seperti pisang kepok, pisang siam, pisang kapas, pisang tanduk, dan pisang uli. Buah pisang diolah menjadi berbagai produk, seperti sale, dan kue. Monggo dilanjut….——->>>> Read the rest of this entry

.: Membuat Bakso enak, empuk, nan mantab :.

Standar

Bakso adalah makanan yag paling banak digemari masyarakat Indonesia, bahkan bakso pun sudah menyebar luas hingga seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Bakso banyak disukai oleh masyarakat umum dikarenakan banyak vitamin yang dikandung dalam bakso tersebut. Selain enak bakso juga biasanya dijual dengan harga yang terjamin murah. Makanan ini umumnya berasal dari daging sapi, tapi banyak juga yang melakukan inovasi dari daging ayam maupun udang.
Nah, gimana cara buat akso yang enak, perlukitapelajari, karena membuat bakso tidaklah mudah, tapi bisa kok untuk dicoba….—–:-D
Ni resep-resepnya untuk membuat bakso mentah….(Belum jadi SOP, tapi sudah bisa dimakan)…:-D
Monggo di cek saja di TeKaPe….—–>>>:-D Read the rest of this entry

:: Budidaya Singkong ::

Standar

Indonesia merupakan daerah yang potensial untuk mengembangkan budidaya singkong, karena beriklim tropis dan memiliki curah hujan yang cukup 😀 . Dengan bantuan teknologi, singkong dapat menjadi bahan dasar industri mkanan dan bahan baku industri pakan, selain itu baru – baru ini sedang dikembangkan bahan bakar yang berasal dari singkong yang disebut dengan nama Biofuel atau Bioetanol.

Singkong juga bisa menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Bisa dibikin keripik, digoreng yang empuk dan lain sebagainya. Sebagai contohnya ini singkong akan digoreng dengan bumbu maknyusss… 😀 Singkong Goreng Maknyuss….:-D

Nah sekarang cara gimana budidaya tumbuhan yang potensial ini… Monggo di langsung saja di cek di TeKaPe…..——-> Read the rest of this entry

.: Rendang Padang :.

Standar

Saya mulai suka makan masakan padang saat saya udah kuliah…. Mungkin kita juga tidak asing mendengar kata Rendang… Nah berhubung detailnya saya tidak tahu, makanya saya hanya ambil dari blog orang lain….hehehe 😀
ya maklumlah, blum pernah masak rendang sendiri juga…. baru juga ngrasain+ nyoba ….itu aja disuruh bayar sama penjualnya… wkwkwkwk 😀
nah langsung saja kita simak tentang masakan padang yang populer tersebut….
Cek di TeKaPe…..———>>>>> Read the rest of this entry

.: Wayang Kulit :.

Standar
Wayang… Seni tradisi yang sampai saat ini masih digemari banyak oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa…
Namun, akhir-akhir ini seni tradisi wayang tersebut kurang dipertontonkan, karena faktor mahalnya biaya untuk mempentaskan seni wayang tersebut….
😦
Nah untuk memperdalam pengetahuan kita tentang apa itu seni budaya wayang, monggo langsung saja di cek di TeKaPe….——->>>>:-D Read the rest of this entry

:: Tips Berpuasa yang sehat dan benar ::

Standar

Puasa adalah rukun Islam yang ke 3. hehe itu bahasa agamanya… tapi puasa itu sebenarnya apa, perlu kita ketahui juga… 😀
Nah, menurut saya puasa itu adalah menahan nafsu dan dahaga dari terbitnya matahari sampai tenggelamnya matahari…
wkwkwk
itu udah pasti….kata guru agama…:-D
tapi menurut ilmu kedokteran, puasa itu dapat menyeimbangkan porsi makan kita yang berlebihan, sehingga organ tubuh kita, khususnya lambung, bisa lebih santai untuk mencernanya…
Nah, untuk mensiasati gimana biar puasa kita benar secara agama dan kesehatan, mari kita lihat tips sehat puasa…
selain sehat bagi kita, dapat pahala juga kita menjalankan rukun Islam…
😀
Monggo di cek di TeKaPe…..——–> 😀 Read the rest of this entry

:: Timlo Solo Maknyuss ::

Standar
haduuuuhhhhhhh….
dikantor thu gak ngapa-ngapain, alhasil ya liat-liat gambar makanan…:-D
Daripada liat gambar yang BEGONOAN ??? wkwkwkwk
Nah, waktu saya liat-liat gambar, nemu deh makanan favorit…
TIMLO SOLO !!!!! U knownya ???? or U Want???? 😀
nah ni saya curikan resepnya, dan cara buat pastinya…hehehe
TIMLO SOLO KOMPLIT MAKNYUSSSSS
Bahan:
1/4 ekor ayam + 2 liter air, direbus, jadikan kuahnya, ayamnya dipotong-potong kotak, sisihkan
1 plastik kecil soun, rendam air panas sampai lunak, sisihkan
50 gram jamur kuping kering, rendam air panas sampai lunak, sisihkan
2 batang wortel, potong-potong bulat, rebus sampai matang, sisihkan
2 buah kentang ukuran sedang, potong tipis-tipis, goreng kering (jadi keripik kentang)
4 buah telur pindang (resepnya ada di bawah)
3 pasang ati ampela, rebus potong-potong
5 buah sosis solo
3 butir bawang putih, haluskan bersama 1/4 sdt lada butiran
sepotong kecil pala
4 butir cengkeh
garam, gula
Cara Membuat:
Kuah:
Tumis bumbu halus sampai harum
tuang tumisan bumbu ke dalam air rebusan ayam, tambahkan pala, cengkeh, garam dan sedikit gula
biarkan sampai mendidih, koreksi rasanya, angkat.
Penyajian:
Dalam mangkok saji (ukuran 1 porsi), tata soun, wortel, jamur kuping, potongan ayam, keripik kentang dan telur pindang. Tuangi dengan kuah panas. Sajikan dengan sambel kecap.
Telur Pindang:
4 butir telur rebus
Tumis 2 butir bawang putih, masukkan 3 sdm kecap manis, garam, lada halus, air sedikit.
masukkan telur rebus, biarkan sampai air mengering dan telur berubah warna menjadi coklat. Angkat.

:: Es Segar Menggoda ::

Standar

Hehehe
Siang yang panas ini, menyegarkan badan dan pikiran dengan minum yang segar-segar pastilah menyenangkan…
😀
TAPI INI BULAN PUASA…..!!!!!
Maksud saya, buat buka puasa sepertinya nikmat dan menyegarkan setelah seharian kita berpuasa…:-D
Nah, disini saya akan membuat ES yang SEGAR dan MENGGODA…Pokok’e Enak tho?? Mantheb tho????
wkwkwkwk
Ok, langsung saja kita buat, ini di bahan dan cara membuatnya, di TeKaPe

Read the rest of this entry

:: Sup Ayam Hangat nan Nikmat ::

Standar

Sebelum kita membahas tentang masak-masak, saya selaku admin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT…
Amin…. 😀
Nah, ngomong-ngomong tentang puasa, pasti ntar pas buka puasa kita pengen yang seger-seger atau hangat-hangat…
😀
Nah ini contoh masakan yang hangat nan nikmat yang siap dihidangkan di tengah keluarga anda yang hangat…
Langsung saja kita cek sup hangat nan nikmat di TeKaPe…:-D

SUP AYAM HANGAT NIKMAT

Read the rest of this entry

:: Bahaya Tidur setelah Sahur ::

Standar

Info kesehatan tips sehat puasa tentang apa bahayanya langsung tidur selesai makan sahur bagi kesehatan ini perlu dibaca agar badan tetap sehat dan fit selama menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa mengatur menu makanan buka dan sahur puasa untuk menjaga kondisi tubuh senantiasa bugar dan prima.

Tak sedikit orang yang memilih tidur setelah sahur biar tak mengantuk saat beraktivitas pagi harinya. Hati-hati, tidur usai sahur tidaklah baik untuk kesehatan. Namun, ada cara sehat bila ingin tidur habis sahur.

Tidur setelah makan tidaklah sehat menurut ilmu kedokteran. Hal ini karena sistem pencernaan masih belum selesai mengerjakan tugasnya, terutama lambung. Read the rest of this entry

:: Budidaya Cabai ::

Standar

A. SELAYANG PANDANG

Saat ini cabe menjadi salah satu komoditas sayuran yang banyak dibutuhkan masyarakat, baik masyarakat lokal maupun internasional. Setiap harinya permintaan akan cabe, semakin bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di berbagai negara. Sehingga budidaya sayur ini menjadi peluang usaha yang masih sangat menjanjikan, bukan hanya untuk pasar lokal saja namun juga berpeluang untuk memenuhi pasar ekspor.

Read the rest of this entry

:: Budidaya Kacang Tanah ::

Standar

I. PENDAHULUAN
Kacang Tanah merupakan tumbuhan merambat.Tumbuhan ini merupakan species biji-bijian. Kacang tanah banyak dari kita yang mengkonsumsinya. Sebagai hidangan saat ada acara hajatan, dibuat kacang gula, sebagai campuran di wedang ronde, dll. Selain itu, tumbuhan ini juga bisa sebagai penyilang tanaman, karena kacang tanah juga bisa menggemburkan tanah. Untuk cara pembudidayaannya terlihat cukup mudah, tapi juga kita perhatikan hal-hal yang mungkin akan berimbas besar pada cara pembudidayaan kacang tanah ini.

Nah disini saya akan mencoba berbagi informasi tentang cara menanam kacang tanah dengan baik, karena bisnis di bidang di bidang ini lumayan sangat menjanjikan.

Read the rest of this entry

:: Budidaya Kacang Panjang ::

Standar

SELAYANG PANDANG

Kacang panjang, sayuran yang mengandung banyak vitamin K. Banyak dari kita yang mengkonsumsinya. Sayuran ini biasanya ada pada bagian dari makan pecel, oseng tempe, atau juga di lalapan trancam. Ada juga di aam bakar, ikan bakar, sebagai lalapan juga tentunya. Contohnya https://singgahbentar.wordpress.com/2011/07/16/tumis-kacang-maknyusss/

Jangan hanya kita bisa untuk mengkonsumsinya saja, lebih bagusnya kalau kita tahu gimana proses penanamannya. Nah disini saya akan berbagi informasi tentang proses penanaman atau pebudidayaan tanaman sayuran ini. Read the rest of this entry

:: Tumis Kacang Maknyusss ::

Standar

Bahan :

1 ikat kacang panjang, di potong 3 cm

3 siung bawang putih

Garam secukupnya

Merica secukupnya

1 sdt kaldu ayam bubuk

Air secukupnya

Langkah :

Tumis bawang putih hingga harum dan berwarna kecoklatan

Masukkan kacang panjang, dioseng sebentar

Masukkan garam, merica, dan kaldu ayam bubuk lalu oseng hingga rata

Masukkan air sedikit, oseng hingga matang

Kacang Tanah siap disajikan 😀

 

SELAMAT MENCOBA

😀

:: Singkong Goreng Maknyusss ::

Standar

Bahan :

1 kg singkong dikupas potong-potong

Bumbu :

6 butir bawang putih

2 butir bawang merah

1 ½ sdm ketumbar (menurut selera)

2 sdm garam

Cara membuat :

Singkong dicuci lalu kukus hingga matang dan empuk.
Taruh bumbu dalam wadah lalu beri air  secukupnya.
Singkong yang sudah matang panas-panas dicelupkan ke bumbu dan biarkan sebentar biar bumbu meresap.
Setelah itu goreng hingga kekuningan dan renyah.

SELAMAT MENCOBA 😀

 

:: Budidaya Sayuran Terong ::

Standar

PENDAHULUAN
Prospek budidaya tanaman terong makin baik untuk dikelola secara intensif dan komersial dalam skala agribisnis, namun hasil rata-ratanya masih rendah. Hal ini disebabkan bentuk kultur budidaya yang masih sampingan, belum memadainya informasi teknik budidaya di tingkat petani.

Bisa juga dinikmati sebagai masakan yang banyak digemari, contohnya Sambal Terong.
Selengkapnya baca di sini.
:: Sambal Terong ::

Kembali lagi dengan cara budidaya, cara, syarat dan ketentuan ada di bawah ini.
Semoga bermanfaat. Read the rest of this entry

:: Sambal Terong ::

Standar

Bahan :
500 gr terong ungu belah jadi 2 lalu goreng sebentar supaya layu (menurut selera)

Bumbu halus :
50 gr cabai merah keriting (menurut selera)
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt garam (menurut selera)
1 sdt gula pasir (menurut selera)
Vetsin secukupnya (menurut selera)
1 butir tomat ukuran sedang

Cara membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukan terong tambahkan air kira-kira 50ml masak sampai bumbu meresap.

Hidangkan kepada orang special anda.


Selamat Menikmati

:: Budidaya Tomat ::

Standar

PENDAHULUAN
Sejarah penyebaran tomat


Kata tomat berasal dari bahasa Aztek, salah satu suku Indian yaitu xitomate atau xitotomate. Tanaman tomat berasal dari negara Peru dan Ekuador, kemudian menyebar ke seluruh Amerika, terutama ke wilayah yang beriklim tropik, sebagai gulma. Penyebaran tanaman tomat ini dilakukan oleh burung yang makan buah tomat dan kotorannya tersebar kemana-mana. Penyebaran tomat ke Eropa dan Asia dilakukan oleh orang Spanyol. Tomat ditanam di Indonesia sesudah kedatangan orang Belanda. Dengan demikian, tanaman tomat sudah tersebar ke seluruh dunia, baik di daerah tropik maupun subtropik. Read the rest of this entry

.: Budidaya Bawang Merah :.

Standar

Sebelum masuk ke cara budidaya bawang merah, kita harus tahu, apa itu bawang merah… Bawang merah adalah tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Tanaman mempunyai akar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang merah terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Adapun manfaat dari Bawang merah ini adalah bawang goreng, bawang goreng adalah bawang merah yang diiris tipis dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Pada umumnya, masakan Indonesia berupa soto dan sup menggunakan bawang goreng sebagai penyedap sewaktu dihidangka.bawang goreng merupakan bumbu yang paling sering di gunakan orang indonesia untuk membuat masakan. Bawang merah juga bisa mengurangi dari penyakit kolestrol.. Read the rest of this entry

.: Budidaya Ikan Gurame :.

Standar

Ikan gurami merupakan ikan air tawar yang sampai sekarang masih menjadi favorit  sebagai ikan konsumsi, dengan rasanya yang sangat nikmat ikan ini termasuk dalam golongan ikan mewah dalam ikan konsumsi. Banyak rumah makan menggunakan ikan gurami sebagai menu termahal dari daftar makanan mereka. Budidaya ikan gurami semakin digemari karena harganya yang mahal serta pembudidayaannya yang tidak terlalu sulit. Read the rest of this entry

.: Budidaya Ikan Lele :.

Standar

Peluang usaha budi daya ikan lele merupakan salah satu peluang usaha yang cukup  diperhitungkan  saat ini. Apabila kita perhatikan banyak terdapat  penjual pecel lele yang memerlukan pasokan ikan  lele setiap harinya, hal inilah yang membuat permintaan  ikan tersebut menjadi semakin tinggi di  pasaran dan membuka potensi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Ternak ikan lele relatif    lebih mudah apabila dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya seperti ikan mas atau mujair karena lebih tahan terhadap penyakit maupun kondisi lingkungan. Berikut ini adalah gambaran secara umum tentang cara budidaya ikan lele Read the rest of this entry