Sate Buntel & Sate Kambing Kecap

Standar

Repost dari post gue sebelumnya, dikarenakan sekarang gue sedang ada tugas dinas kenegaraan (halah lebay), jadi jauh dari kota kelahiran. Banyak hal yang membuat gue rindu akan kampung halaman. Salah satunya adalah kuliner, O iya, gue belum kasih tau tanah kampung kelahiran gue. Tanah kelahiran gue ada di Sukoharjo, Jawa Tengah. Lanjut lagi ke kuliner, salah satu kuliner yang gue kangen berat, seberat aku kangen dia (halah), yaitu sate buntel. Akan dijelaskan apa sate buntel itu di post ini. Singkatnya ini sate daging kambing yang dicincang dan dibungkus dengan menggunakan lemak kambing. O iya, untuk Recommend lokasi wisata kuliner, kalian bisa langsung saja ke pejual sate yang ada di Baturono, dekat rumah sakit PKU Solo. Pokoknya endeeuuuusss bingiittss lah… Sung aja lah yaaa.. di repost dari postingan gue sebelumnya, ada beberapa bahasa alay jaman dulu sih..

Selamat malam semua, Selamat Hari Raya Idul Adha😀

Aduh, dah lama ni, gak bikin coretan-coretan, hehehe

Langsung aja yah.. hehehe:D
Gimana nih dengan hari ini tadi?? Sudah bikin apa aja nih dari daging-daging yang sudah didapat??? hehehe
Dah dibikin sate??, tongseng??, atau gule???
semuanya enak kok, asal jangan konsumsi banyak-banyak (buat yang kolesterol tinggi, atau darah tinggi) hehehe

Nah disini saya akan berbagi pengalaman, sekaligus berbagi resep saat bikin sate, mau sate biasa, ataupun sate buntel (khas solo) hehehe

Sate Buntel

sate kambing kecap

sate kambing kecap

Nih monggo di langsung saja dicek di TeKaPe—->>>

BAHAN:
500 gr daging kambing, digiling (buat yang sate buntel), dipotong (buat sate biasa)
100 lemak jala kambing (buat buntel sate)
2 sdm minyak goreng
10-15 btg tusuk sate (menurut selera)

 

BUMBU dihaluskan:
5 siung bawang putih (menurut selera)
3 btr kemiri
1 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt merica butiran
1 sdt asam jawa
2 sdm gula merah
1 sdt garam (menurut selera)

 

SAMBAL KECAP:
10 bh cabai rawit merah
5 siung bawang merah, cincang
1 bh tomat, buang isinya, iris dadu sesuai selera
10 sdm kecap manis
1/4 sdt garam
1 btr jeruk limo, ambil airnya (selera lagi)😀

PELENGKAP:
2 bh tomat, iris serasi
5 bh bawang merah, iris tipis
merica bubuk
kol (kobis), iris serasi

CARA MEMBUAT:
Sambal kecap: aduk semua bahan hingga rata. Sisihkan.
Tumis bumbu halus hingga harum. Biarkan dingin.
Campurkan bumbu halus dengan daging kambing. Aduk rata. Bagi adonan menjadi 10-15 bagian.
Tusuk masing-masing adonan dengan tusuk sate, bentuk menjadi oval memanjang.
Siapkan lemak jala kambing. Potong sesuai ukuran sate buntel. Lakukan hingga semua sate terbungkus lemak jala (buat yang sate buntel), yang biasa langsung aja tusuk biasa, terus campur dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
Bakar sate di atas bara api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Balik-balikkan sate agar matang merata. Sebelum diturunkan dari bakaran, olesi dengan sambal kecap, bakar sebentar lagi, angkat. Sajikan dengan sambal kecap, irisan bawang merah, tomat, dan taburi merica bubuk.

Iki Penting :

Daging kambing bisa lho diganti dengan daging sapi cincang.
*buat sate buntel  
Saat sate buntel sudah setengah matang, kerat-kerat sate di beberapa bagian, agar daging matang hingga ke dalam-dalamnya.

O iya, makan sate belum lengkap kalau gak ditemani seorang kekasih dan minumnya bukan LeMinTeaHon Ice

😀

SELAMAT MENCOBA
😀

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s