.: Rendang Padang :.

Standar

Saya mulai suka makan masakan padang saat saya udah kuliah…. Mungkin kita juga tidak asing mendengar kata Rendang… Nah berhubung detailnya saya tidak tahu, makanya saya hanya ambil dari blog orang lain….hehehe😀
ya maklumlah, blum pernah masak rendang sendiri juga…. baru juga ngrasain+ nyoba ….itu aja disuruh bayar sama penjualnya… wkwkwkwk😀
nah langsung saja kita simak tentang masakan padang yang populer tersebut….
Cek di TeKaPe…..———>>>>>

Rendang Padang merupakan salah satu maskan khas kota padang, di Indonesia. Masakan ini biasanya disajikan pada acara – acara resmi dan juga pada acara pesta seperti pertemuan keluarga, pesta pernikahan, dll. Saat ini rendang merupakan salah satu makanan yang harus ada pada hari pertama bulan ramadhaan. Karena menurut orang padang bebuka tanpa rendang yang gurih dan pedas ini maka akan terasa kurang nikmatnya makanan yang disantap. Begitu juga dengan hari lebaran belum terasa lengkap jika tidak mencicipi rendang padang ini.

Rendang adalah gulai daging yang dikeringkan. Sebenarnya bahan utamanya tidak hanya daging tetapi ada juga ayam, telor, lokan serta ikan. Pengolahannya pun sesuai dengan bahan utama karena bahan utama tersebut harus di gulai terlebih dahulu kemudian dikeringkan. Untuk ayam atau ikan tentu saja santannya yang dimasak terlebih setelah agak kering baru daging nya dimasukkan hal ini mengingat halusnya serat kedua bahan tersebut dan tentu saja kalau terlalu lama maka akan hancur daging nya.

Bumbu yang digunakan adalah sebagai berikut:

1 kg daging tanpa lemak, potong menjadi 25-28 bagian, dicuci sampai
bersih kemudian siapkan 3 butir kelapa tua untuk diparut. Parutan kelapa tersebut dicampur dengan air hangat kuku diperas 2 sampai dengan 3 kali sehingga menghasilkan santan yang kental. Masak santan tersebut dengan api yang kecil manjelang santan tersebut mendidih siapkan bumbu – bumbu.

Bumbu terdiri dari 20 butir bawang merah, 10 butir bawang putih, jahe
dan lengkuas 1 ibu jari atau 6 cm serta, semua bahan ini dicampur dan
dihaluskan. Kemudian masukkan bumbu tersebut kedalam santan yang hampir mendidih berikut 1 ons cabe merah giling. Agar lebih gurih dan terasa nikmat maka masukkan daun kunyit, serai yang dimemarkan. Untuk lebih memberikan aroma wangi maka tambahkan beberapa lembar daun jeruk purut. Santan yang sudah bewarna coklat kemerahan diaduk sedemikian rupa agar santanya tidak bergumpal.

Kemudian setelah keluar minyak masukkan daging aduk
dengan rata tambahkan garam dan tetap masak dengan api yang kecil sampai daging empuk dan kering.

SELAMAT MENCOBA

😀

Sumber : http://www.gadingfoodcity.com/resep-kuliner/rendang-padang.html

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s